Orang TuaMahasiswaAlumni English |Indonesian |Arabic

Diskusi Kontemporer

Pada kesempatan kali ini Departemen Pengembangan Intelektual HMJ Sosiologi FISIP UIN Sunan Gunung Djati menggelar Kegiatan lanjutan yaitu “Diskusi Kontemporer” melalui Google Meeting. Adapun yang menjadi pemateri merupakan dosen sosiologi Prof. Dr. Jajang. A. Rohmana, M.Ag dengan mengangkat tema “Mengulas Toleransi Beragama dalam Tatanan Sosial Masyarakat”. Kegiatan diskusi dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2022.

Diskusi kali ini berupaya mengkaji satu topik mengenai moderasi beragama. Hal ini menjadi penting untuk dikaji bersama mahasiswa sosiologi untuk menemukan titik toleransi pada masyarakat Indonesia dalam tatanan baik secara struktur ataupun kultur. Kegiatan diskusi ini juga untuk meningkatkan kesadaran akan keberagaman baik secara suku, agama, ras dan etnik dalam tatanan sosial. Dalam diskusi tersebut juga beliau menyampaikan bahwa mahasiswa sosiologi yang menjadi garda terdepan dalam pengetahuan dan pengalaman terhadap heterogenitas masyarakat dan sebagai pengambil peran terhadap nilai-nilai toleransi.

“Mahasiswa sosiologi perlu menjadi satu kesatuan mengenai pengetahuan keberagaman masyarakat dan punya andil dalam sikap toleransi dalam tatanan sosial” papar penulis Sejarah Tafsir Al Quran di tatar Sunda tersebut.

Related Posts