Pelantikan dan Upgrading HMJ Sosiologi FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Regenerasi Pengurus yang Konstruktif dan Unggul

Bandung, 26 September 2024 – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Sunan Gunung Djati Bandung resmi melantik pengurus baru periode 2024-2025. Acara pelantikan yang dihelat di Aula FISIP lantai 2 ini dihadiri oleh Wakil Dekan 1, Prof. Dr. Adon Nasrullah Jamaludin, M.Ag., CSR., yang mewakili Dekan FISIP dalam melantik Pengurus HMJ Sosiologi Kabinet “Karsa Adhika.”

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Adon Nasrullah Jamaludin menyampaikan pentingnya keseimbangan antara prestasi akademik dan pengalaman organisasi bagi mahasiswa. “Sebagai pengurus, kalian harus menjadi mahasiswa yang baik dalam hal akademik, sekaligus berprestasi dalam berorganisasi. Ini adalah tanggung jawab besar yang harus dijalankan dengan tekad dan niat yang kuat,” ujar beliau.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan 3, Dr. H. Moh. Dulkiah, M.Si., Ketua Program Studi Sosiologi, Dr. Kustana, M.Si., Sekretaris Program Studi Sosiologi, Rini Sulastri, M.Si., serta tamu undangan dari ketua-ketua HMJ di lingkungan FISIP. Seluruh pengurus baru HMJ Sosiologi periode 2024-2025 hadir dalam pelantikan ini.

Ahmad Fauzi An-Nawawi, Ketua Umum HMJ Sosiologi Kabinet Karsa Adhika, menjelaskan bahwa nama “Karsa Adhika” mencerminkan tekad, niat, dan kemauan kuat untuk maju dan unggul. “Nama ini sejalan dengan visi Program Studi Sosiologi yang telah mencapai predikat unggul. Sebagai HMJ, kami berkomitmen untuk mempertahankan dan mengembangkan keunggulan tersebut,” jelasnya.

Setelah pelantikan, acara dilanjutkan dengan kegiatan Upgrading, yang bertujuan memberikan pemahaman dan dasar kuat bagi para pengurus dalam menjalankan roda organisasi. Dengan mengusung tema “Regenerasi Pengurus yang Konstruktif dan Unggul”, kegiatan ini diisi oleh beberapa pemateri, di antaranya Ketua Program Studi Sosiologi, Dr. Kustana, M.Si., yang menyampaikan materi tentang “Sinergitas HMJ Sosiologi dan Prodi Sosiologi.” Pemateri lain, Nisha, memberikan materi mengenai “Administrasi Organisasi,” dan M. Dinan Faturahman membawakan materi tentang “Etika Organisasi.”

Acara berlangsung lancar hingga sore hari dan berakhir pada pukul 15.00 WIB. Pelantikan dan Upgrading ini diharapkan menjadi awal yang baik bagi HMJ Sosiologi dalam melangkah maju dan terus berkontribusi dalam pengembangan mahasiswa serta Prodi Sosiologi di masa mendatang.

Penulis: Azri Syahrul Fazri