Tentang Kami

Prodi Sosiologi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dr. Kustana, M.Si., CSP.
Ketua Prodi Sosiologi

Rini Sulastri, S.Sos., M.Si.
Sekretaris Prodi Sosiologi

Kenapa Harus Sosiologi UIN Bandung?

Prodi Sosiologi di UIN Bandung menonjolkan keunggulan-keunggulan yang menjadikannya pilihan yang tepat bagi para calon mahasiswa.

Pertama, Memadukan Pendekatan Sosiologi Barat dan Timur.

Prodi ini menggabungkan keilmuan sosiologi dengan pendekatan teori sosiologi dari Barat dan Timur, khususnya Islam. Hal ini terlihat dari keberadaan mata kuliah seperti Sosiologi Timur Tengah, yang membuktikan komitmen prodi dalam memadukan beragam perspektif sosiologis.

Kedua, Desa Binaan.

Program Desa Binaan menjadi salah satu bukti nyata dari kontribusi prodi sosiologi terhadap masyarakat. Dengan adanya 8 Desa Binaan di berbagai kabupaten di Jawa Barat, prodi ini aktif dalam mengimplementasikan ilmu sosiologi dalam membantu memecahkan berbagai permasalahan di tingkat lokal.

Ketiga, Spiritualitas.

Prodi Sosiologi juga memberikan perhatian terhadap aspek spiritualitas dengan mewajibkan mahasiswanya untuk menghafal dan memahami 1 juz Al-Qur’an. Selain itu, keberadaan Rumah Quran di lingkungan prodi menunjukkan komitmen untuk memfasilitasi kegiatan keagamaan bagi mahasiswa.

Keempat, Moderasi Beragama.

Prodi Sosiologi juga fokus pada pengembangan moderasi beragama. Para dosen sosiologi terlibat sebagai ahli dan peneliti dalam bidang ini, bahkan memiliki sertifikat sebagai instruktur moderasi beragama nasional. Mata kuliah Masyarakat dan Moderasi Beragama turut menjadi bagian dari kurikulum prodi, menunjukkan upaya prodi dalam mendidik mahasiswa untuk menjadi agen perubahan yang mampu mempromosikan dialog dan toleransi antaragama. Dengan demikian, Prodi Sosiologi di UIN Bandung memberikan pengalaman belajar yang holistik dan relevan dengan tuntutan zaman.

Kelima, Alumni.

Para alumni Sosiologi UIN Bandung telah berkecimpung di berbagai lini masyarakat. Alumni Sosiologi ada yang aktif menjadi ASN di pemerintahan, akademisi, dosen, peneliti, pemberdaya, dan analis sosial. Salah satu alumni Sosiologi ialah Agus Mauludin yang berhasil mendirikan lembaga riset CIC Lembaga Riset dan Konsultan Sosial. 

Peluang Karir

Selain dapat berkarir sebagai akademisi, peneliti, dan analis masyarakat, lulusan Prodi Sosiologi juga memiliki peluang luas untuk meniti karir di berbagai bidang profesi. Keahlian dalam menganalisis dan memahami struktur serta dinamika sosial masyarakat menjadikan lulusan sosiologi memiliki daya saing yang tinggi di pasar kerja. Beberapa profesi yang sesuai dengan keahlian sosiologi antara lain:

  1. Konsultan Sosial: Lulusan sosiologi dapat bekerja sebagai konsultan sosial yang memberikan saran dan solusi terkait dengan permasalahan sosial yang dihadapi oleh individu, kelompok, atau lembaga.

  2. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM): Keahlian dalam memahami perilaku individu dan dinamika hubungan antarindividu membuat lulusan sosiologi cocok untuk berkarir dalam manajemen SDM, terutama dalam hal pengelolaan tim kerja dan penyelesaian konflik.

  3. Pengembangan Masyarakat: Lulusan sosiologi dapat terlibat dalam proyek-proyek pembangunan dan pengembangan masyarakat, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Mereka dapat bekerja di lembaga pemerintah, lembaga donor, atau organisasi internasional yang fokus pada pembangunan sosial.

  4. Advokasi dan Advokasi Masyarakat: Memiliki pemahaman mendalam tentang struktur sosial dan isu-isu masyarakat membuat lulusan sosiologi menjadi kandidat yang cocok untuk bekerja di lembaga advokasi dan advokasi masyarakat. Mereka dapat membantu dalam menyuarakan hak-hak masyarakat atau kelompok rentan.

  5. Pendidikan: Lulusan sosiologi juga dapat menjadi pendidik di berbagai tingkatan pendidikan, baik sebagai guru di sekolah menengah atau dosen di perguruan tinggi. Mereka dapat memberikan kontribusi dalam pembentukan pemikiran kritis dan analitis siswa serta melakukan penelitian dalam bidang pendidikan.

Syarat dan Prosedur Pendaftaran

Syarat Pendaftaran Klik Di sini.

Komponen dan Perkiraan Biaya Studi

Dapatkan informasi biaya kuliah (Uang Kuliah Tunggal) dengan klik di sini.

Mobilitas Global

Program Studi sedang dan sudah merancang untuk melakukan Student Exchange bagi mahasiswa dengan sejumlah kampus di Malaysia, seperti Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Putra Malaysia (UPM), University Malaya (UM). Prodi juga bekerjasama dengan kampus-kampus Eropa dan Timur Tengah,

Informasi Lanjutan

Situs web Program Studi Sosiologi klik di sini.

S.Sos. – Sarjana (S1)

8 semester (perkiraan studi penuh waktu)

Gedung FISIP Jl. AH Nasution No. 5  – Kampus 1
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Akreditasi Nasional :
❯  Baik Sekali

Daftar Sekarang?

Kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu Sosiologi yang sesuai dengan rencana kariermu.

Perlu Bantuan

Apakah Anda menemui kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar PMB UIN SGD?

Silakan mengakses laman FAQ (pertanyaan yang paling sering diajukan) melalui tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai jawaban dari berbagai pertanyaan seputar PMB UIN SGD.

Lokasi:

Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru

Jl. AH. Nasution No. 105, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

WhatsApp