Jalin Kerjasama: FISIP UIN Bandung dan Pascasarjana IAIN Kudus Teken Perjanjian Strategis

Bandung, 1 Juli 2022. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung menjalin kemitraan strategis dengan Pascasarjana IAIN Kudus melalui studi banding dan penandatanganan kerja sama. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2022 di aula FISIP UIN Bandung, yang dihadiri oleh perwakilan FISIP dan Pascasarjana IAIN Kudus.

Dalam studi banding ini, delegasi FISIP UIN Bandung, yang dipimpin oleh Dekan beserta para Wakil Dekan, memperoleh wawasan tentang praktik terbaik dan pengembangan akademik yang dilakukan oleh Pascasarjana IAIN Kudus. Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi kedua lembaga untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan tinggi.

Sambutan Dekan FISIP UIN Bandung:

“Kami sangat senang bisa menjalin kerjasama dengan Pascasarjana IAIN Kudus. Kemitraan ini diharapkan dapat memperkaya lingkungan akademis dan mendukung pengembangan ilmu pengetahuan. Kami yakin, kerja sama ini akan memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak.”

Setelah studi banding, kedua pihak kemudian menandatangani nota kesepahaman (MoU) sebagai bentuk komitmen bersama untuk saling mendukung dan memajukan bidang akademis masing-masing. Penandatanganan ini diharapkan dapat menjadi awal dari kerja sama yang berkelanjutan antara FISIP UIN Bandung dan Pascasarjana IAIN Kudus.

Kerja sama ini mencakup berbagai bidang, termasuk pertukaran dosen, mahasiswa, penelitian bersama, dan kegiatan akademik lainnya. Dengan adanya kerjasama ini, FISIP UIN Bandung dan Pascasarjana IAIN Kudus berharap dapat menciptakan sinergi positif yang berdampak pada peningkatan kualitas dan dampak positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Bidang Kerjasama:

Pertukaran Dosen dan Peneliti: Kedua institusi sepakat untuk memberikan kesempatan kepada dosen dan peneliti untuk melakukan pertukaran, baik dalam bentuk kuliah tamu, seminar, atau penelitian bersama.

Pertukaran Mahasiswa: Adanya kerjasama dalam hal pertukaran mahasiswa, baik dalam program pertukaran mahasiswa reguler maupun program pertukaran magang atau penelitian.

Penelitian Bersama: Mendorong dan mendukung penelitian bersama antara staf pengajar dan peneliti dari kedua institusi, dengan tujuan memajukan pengetahuan dan kontribusi nyata terhadap masyarakat.

Pengembangan Program Studi: Menjajaki peluang untuk bekerja sama dalam merancang dan mengembangkan program studi baru, atau meningkatkan kualitas program studi yang sudah ada.

Kegiatan Akademik Bersama: Melakukan kegiatan akademik bersama seperti seminar, lokakarya, konferensi, dan kegiatan ilmiah lainnya yang dapat memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak.

Pertukaran Materi Pembelajaran: Membagikan materi pembelajaran, sumber daya akademis, dan pengalaman terkait pengajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran di kedua institusi.

Publikasi Bersama: Merancang dan menyusun publikasi bersama, termasuk artikel ilmiah, buku, dan publikasi lainnya yang dapat meningkatkan citra dan reputasi kedua institusi.

 

Tujuan Kesepahaman:

Meningkatkan Kualitas Pendidikan: Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua institusi melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman.

Memperluas Jaringan Akademis: Dengan pertukaran dosen, peneliti, dan mahasiswa, diharapkan tercipta jaringan akademis yang lebih luas dan kuat antara FISIP UIN Bandung dan Pascasarjana IAIN Kudus.

Kontribusi Terhadap Masyarakat: Melalui penelitian bersama dan kegiatan akademik lainnya, kerjasama ini diarahkan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Pemberdayaan Sumber Daya Manusia: Melalui pertukaran dosen dan mahasiswa, diharapkan terjadi pemberdayaan sumber daya manusia yang lebih baik, dengan peningkatan kompetensi dan kualifikasi.

Peningkatan Kemampuan Penelitian: Dengan penelitian bersama, kedua institusi berharap dapat meningkatkan kemampuan penelitian dan publikasi ilmiah.

 

Waktu dan Durasi Kesepahaman:

Kesepahaman ini berlaku mulai tanggal penandatanganan dan memiliki durasi waktu tertentu yang dapat diperbaharui atau diperpanjang sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Kesepahaman ini merupakan wujud komitmen bersama untuk saling mendukung dan meningkatkan kualitas akademis, penelitian, dan pemberdayaan sumber daya manusia di FISIP UIN Bandung dan Pascasarjana IAIN Kudus.

Related Posts

https://kanimsukabumi.kemenkumham.go.id/tmp/wrgacor/ https://kanimsukabumi.kemenkumham.go.id/stores/demo-terbaru/ https://kemahasiswaan.untad.ac.id/wp-content/plugins/gg-demo/ https://library.president.ac.id/event/demo-olympus/ https://library.president.ac.id/event/jp-gacor/ https://library.president.ac.id/event/to-macau/ https://library.president.ac.id/event/bola-parlay/ https://library.president.ac.id/event/keluaran-hk/ https://fib.unand.ac.id/language/vigacor/ https://fib.unand.ac.id/includes/demo-keren/ https://fib.unand.ac.id/includes/macau/ https://fib.unand.ac.id/includes/naga-hk/ https://fib.unand.ac.id/includes/casino/ https://fib.unand.ac.id/includes/sbobet/ https://e-office.banjarkota.go.id/global/moba-gacor/ https://e-office.banjarkota.go.id/template/ss-demo/
https://jackpot-1131.com/ https://letsgojp1131.com/
http://csridjournal.potensi-utama.ac.id/docs/dragon/ https://simp3d.kalteng.go.id/Middleware/event-duit/